24 April 2009

Tweak Network Setting Firefox




Firefox anda terasa berat dan lambat, atau bahkan suka hang-up kalau terlalu banyak buka “Tab”?

Kembali ke laptop, Firefox lambat ada banyak faktornya diantaranya bahwa default Firefox memang rakus akan memory sehingga semakin lama dan semakin banyak yang kita buka, cache memory akan penuh dan RAM kita juga sebagian besar terpakai.

Terus bagaimana cara mengatasinya, ada beberapa trick yang bisa anda coba diantaranya :
Pertama coba dulu trik yang disini untuk mempercepat Firefox bagian 1
Kalau tidak mempan coba juga cara kedua untuk mempercepat Firefox bagian 2 dengan Fasterfox Plugin tapi hanya bisa sampai Firefox 2.0, karena belum diupdate sama pembuatnya hingga sekarang maka pugin ini belum support untuk Firefox 3.0. Silakan Download dan Install dulu jika anda masih menggunakan Firefox 2.0 dan versi sebelumnya.
Kalau anda sudah mengupdate Firefox anda ke Firefox terbaru yaitu versi 3.0 keatas, anda bisa mencoba plugin Tweak Network Setting. Coba anda download plugin ini dan install ke Firefox anda dari sini (Download). Setelah terinstall restart Firefox lalu buka TOOLS>>Tweak Network Settings dan akan tampak tampilan seperti berikut :

Atur parameter yang ada di situ sesuai dengan keadaan jaringan anda dibagian maksimal koneksi, proxy dan pipelining. Memang di sini harus di coba-coba karena keadaan network anda kan berbeda-beda, tapi ada juga setting “Power” yaitu setting yang menurut pembuat plugin ini sudah cukup optimal dan juga setting “Default” untuk mengembalikan ke posisi standard jika ternyata perubahan yang anda lakukan tidak berhasil memberi performa yang optimal.

Jika belum berhasil juga maka kurangi plugin atau addons yang tidak terlalu diperlukan dari Firefox anda. Karena terlalu banyak plugin dan addons akan memberatkan kerja Firefox. Cek juga kondisi Jaringan anda baik dari sisi bandwidth, traffic jaringan dan juga Firewall.

0 komentar:

Posting Komentar

TEXT